keterkaitan media relations dengan public relations
Pengertian dari Public Relations (PR) menurut Scott M. Cutlip (2006, p.6) adalah fungsi manajemen yang membangun dan
mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaat antara organisasi dengan
publik yang memengaruhi kesuksesan atau kegagalan organisasi tersebut.
Pengertian public relations tersebut mencakup, membangun dan mempertahankan
hubungan yang baik dengan media massa atau dikenal dengan media relations.Menurut
Frank Jefkins dalam buku Public Relations (1995: 98) dan
Periklanan (1997: 275), fungsimedia
relationsadalahmenyiarkan
atau mempublikasikan seluas-luasnya informasi Public Relations yang berguna untuk menciptakan pengetahuan dan
memberi pengertian bagi publiknya.
Menurut saya, keterkaitan Public relations dengan media relations
adalah bagaimana Public relations di sebuah institusi menjalin
hubungan, kerja sama dan saling berinteraksi dengan para media sehingga
tercipta suatu citra positif di mata masyarakat
terhadap perusahaan tersebut.
Public
Relations dan media sama-sama bergerak di bidang bisnis
komunikasi. Kedua
belah pihak mempunyai kepentingan dan kepedulian yang sama terhadap informasi. Maka
dari itu Public relations dan media mempunyai ikatan yang saling ketergantungan
atau membutuhan antara keduanya dan tetap didasarkan pada prinsip yang sama,
yakni sebagai mediator yang menjembatani kepentingan pihak yang saling
berinteraksi karena informasi yang disalurkan terkait dengan kegiatan mereka.
Media Relations dapat
diartikan sebagai bagian dari public Relations eksternal yang membina dan mengembangkan hubungan baik dengan media
massa sebagai sarana komunikasi antara organisasi dengan publiknya untuk
mencapai tujuan organisasi. Dari sisi organisasi, membina dan mengembangkan
hubungan baik dengan media massa setidaknya berarti memenuhi dan menanggapi
kebutuhan dan kepentingan media massa terhadap organisasi tersebut.
Frank
Jefkins (1992) mengatakan bahwa perlakuan baik terhadap media massa dapat
menghindari munculnya tulisan yang tidak akurat, bahkan berita yang tidak benar
tentang perusahaan. Dengan adanya hubungan baik dengan media massa, bila
terdapat isu negatif tentang perusahaan, wartawan media massa akan melakukan
konfirmasi terlebih dahulu dengan pihak perusahaan. Bila hal tersebut memang
terjadi, wartawan media massa akan menulis berita dengan menghindari kata-kata
yang bernada negatif. Dengan demikian, media relations dapat menghindari dan
mencegah munculnya pemberitaan yang negatif dan tidak menguntungkan bagi
perusahaan.
Untuk memperoleh publisitas di media massa, public
relations harus melakukan strategi Media Relations. Strategi mediarelations merupakan sekumpulan kebijakan dan taktik yang sudah
ditetapkan untuk mencapai tujuan kegiatan mediarelations
khususnya dan publicrelations pada umumnya diacukan pada tujuan
organisasi. Dalam menjalin hubungan antara mediarelations
dengan media massa, terdapat tiga
strategi mediarelations yaitu
mengelola relasi, mengembangkan strategi dan mengembangkan jaringan.
Mengutip pendapat John Vivian (2008), menyatakan bahwamedia
relationsdi dalam bagianPublic Relationsmemiliki paling tidak tiga tanggung
jawab fungsional. Pertama, relasi eksternal; bentuk relasi ini mengoptimalkan
komunikasi dengan pihak-pihak di luar perusahaan. Pihak-pihak inilah yang nanti
menjadi acuan seberapa kuat citra perusahaan di luar. Stakeholder, konsumen,
pemerintah, dan sebagainya adalah pihak yang bisa membentuk opini publik
terhadap perusahaan. Kedua, relasi internal; komunikasi ini dilakukan untuk
menjaga hubungan yang harmonis dan dinamis dengan melibatkan pihak internal
sendiri. Sebut saja para karyawan, manajer, pemegang saham, dan kelompok dalam
yang berada dalam lingkup perusahaan. Mereka semualah yang memegang roda
berjalannya perusahaan. Ketiga, relasi media; relasi ini dijalin perusahaan
yang melakukan komunikasi dengan pihak media massa. Hubungan ini harus dibina
agar tidak adamiss
communicationdi kemudian
hari. Perusahaan perlu berelasi dengan media dalam mencari dan memberikan
informasi guna mencapai tujuan perusahaan. Mediapun harus dimanfaatkan agar
tidak ada informasi-informasi yang beredar yang bisa merusak citra perusahaan.
Dengan
fungsi-fungsi tersebut keberadaanmedia
relationssangat bisa
diharapkan mampu menanggulangi permasalahan di perusahaan. Media relationsyang menjadi bagian PublicRelations
harus dimanfaatkan sedemikian rupa agar mampu mengoptimalkan semua saluran
komunikasi yang ada. Karena seorang PublicRelations harus mampu
memenej seoptimal mungkin fungsi- fungsi darimedia
relationsitu sendiri.
.
Referensi:
1. MenurutEduard Depari sebagaimana dikutip oleh Soemirat dan Ardianto
(2004: 125)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar