Kamis, 23 Februari 2012

Sekilas mengenai pemasaran


Definisi pemasaran menurut Philip kotler, Pemasaran adalah proses pemberian kepuasan kepada konsumen untuk mendapatkan laba. Dua sasaran pemasaran yang utama adalah menarik konsumen baru dengan menjanjikan nilai yang unggul dan mempertahankan konsumen saat ini dengan memberikan kepuasan. a sociental process by which individual and groups obtains wahat they need and want through creating offering, and freely exchanging product and service of value with others”.

Boleh dikatakan bahwa proses yang membentuk hubungan antara produsen dengan individu atau kelompok dalam menyampaikan produk, yaitu barang dan jasa, dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan guna mencapai tingkat kepuasan yang lebih tinggi melalui penciptaan produk yang berkualitas.
Konsep-konsep pemasaran berada di wilayah penentuan pasar sasaran, penentuan segmentasi pasar dan segmentasi potensial, kebutuhan dan keinginan, permintaan, produk dan penawaran, nilai dan kepuasan, pertukaran dan transaksi, hubungan dan jaringan, saluran pemasaran, rantai penjualan, persaingan, iklim pasar, serta penentuan strategi bauran pemasaran.  
 
Ada juga yang mendefinisikan Marketing adalah fungsi manajemen yang mengidentifikasikan kebutuhan dan keinginan manusia, menawarkan produk dan jasa untuk memuaskan permintaan, dan menyebabkan terjadinya transaksi dimana pemberian produk atau jasa itu akan ditukar dengan sesuatu yang berharga bagi penyedia.
Dari ketiga definisi di atas, dapat dilihat bahwa inti marketing adalah:

1.   Pemasar menawarkan produk dan jasa untuk memenuhi permintaan itu. Konsumen memilih produk dan jasa yang memberikan guna, nilai, dan kepuasan terbesar.
2.   Keinginan dan kebutuhan manusia terhadap konsep pemasaran bersifat mendasar. Apa yang dibutuhkan atau diinginkan manusia diterjemahkan sebagai permintaan konsumen.
3.  Pemasar memberikan produk atau jasa itu kepada konsumen untuk dipertukarkan dengan sesuatu yang bernilai. Transaksi ini menjadi pembeda fungsi pemasaran, yaitu dua pihak saling bertukar nilai.



 Refrensi:
  1. Kotler,Philip dan Armstrong.2001.Dasar-dasar Pemasaran.Edisi kesembilan.Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
  2. Cutlip,Center,Broom.Effective Public Relations: Merancang dan Melaksanakan Kegiatan Kehumasan dengan Sukses.2005.Edisi kedelapan bahasa Indonesia.Jakarta: PT. INDEKS Kelompok Gramedia.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar