Definisi pemasaran menurut Philip kotler, Pemasaran
adalah proses pemberian kepuasan kepada konsumen untuk mendapatkan laba. Dua
sasaran pemasaran yang utama adalah menarik konsumen baru dengan menjanjikan
nilai yang unggul dan mempertahankan konsumen saat ini dengan memberikan
kepuasan. “a sociental
process by which individual and groups obtains wahat they need and want through
creating offering, and freely exchanging product and service of value with
others”.
Boleh dikatakan
bahwa proses yang membentuk hubungan antara produsen dengan individu atau
kelompok dalam menyampaikan produk, yaitu barang dan jasa, dilakukan untuk
memenuhi kebutuhan dan keinginan guna mencapai tingkat kepuasan yang lebih
tinggi melalui penciptaan produk yang berkualitas.
Konsep-konsep pemasaran berada di wilayah
penentuan pasar sasaran, penentuan segmentasi pasar dan segmentasi potensial,
kebutuhan dan keinginan, permintaan, produk dan penawaran, nilai dan kepuasan,
pertukaran dan transaksi, hubungan dan jaringan, saluran pemasaran, rantai
penjualan, persaingan, iklim pasar, serta penentuan strategi bauran pemasaran.
Ada juga yang mendefinisikan Marketing adalah fungsi manajemen yang mengidentifikasikan
kebutuhan dan keinginan manusia, menawarkan produk dan jasa untuk memuaskan
permintaan, dan menyebabkan terjadinya transaksi dimana pemberian produk atau
jasa itu akan ditukar dengan sesuatu yang berharga bagi penyedia.
Dari ketiga definisi di atas, dapat dilihat
bahwa inti marketing adalah:
1.Pemasar menawarkan
produk dan jasa untuk memenuhi permintaan itu. Konsumen memilih produk dan jasa
yang memberikan guna, nilai, dan kepuasan terbesar.
2.Keinginan dan
kebutuhan manusia terhadap konsep pemasaran bersifat mendasar. Apa yang
dibutuhkan atau diinginkan manusia diterjemahkan sebagai permintaan konsumen.
3.Pemasar memberikan
produk atau jasa itu kepada konsumen untuk dipertukarkan dengan sesuatu yang
bernilai. Transaksi ini menjadi pembeda fungsi pemasaran, yaitu dua pihak
saling bertukar nilai.
Refrensi:
Kotler,Philip dan Armstrong.2001.Dasar-dasar
Pemasaran.Edisi kesembilan.Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Cutlip,Center,Broom.Effective
Public Relations: Merancang dan Melaksanakan Kegiatan Kehumasan dengan
Sukses.2005.Edisi kedelapan bahasa Indonesia.Jakarta: PT. INDEKS Kelompok
Gramedia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar