Kamis, 12 Januari 2012

Analisa Iklan Politik "kontrak Politik Untuk Perubahan"



Iklan yang saya ambil untuk dianalisa iklan politik pada partai PDI-P dengan versi “kontrak politik untuk perubahan”. Iklan ini muncul tanggal 2 Februari 2009 di koran kompas. Iklan ini berukuran dua pertiga halaman. Warna latar iklan ini adalah warna merah sesuai dengan warna partai PDI Perjuangan.
Iklan PDI-P dengan tema “kontrak politik untuk perubahan” dalam struktur iklan, iklan ini memiliki struktur yang lengkap, yaitu kepala judul, subkepala judul, badan iklan dan signature. Akan tetapi, pada iklan ini judul dan sub kepala pada iklan tersebut terlihat hurufnya memiliki persamaan bentuk, hal ini membuat adanya terkesan tidak selaras antara kepala judul dan subkepala judul.
Sasaran utama pada iklan politik ini tentunya masyarakat luas yang bertujuan agar masyarakat dapat mengetahui program-program apa yang dilakukan para calon kandindat dan partainya, sehingga ini merupakan alat persuasi untuk mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya dengan mencoblos partai PDI-P.
Iklan ini memiliki beberapa gambar untuk mendukung teks pada iklan PDI-P tersebut. Iklan yang mendukung antaralain penyertaan gambar Megawati Soekarnoputri sebagai ketua umum PDI-P sehingga menimbulkan anggapan bahwa penyertaan gambarnya merupakan identitas PDI-P. Iklan yang didominasi warna merah ini merupakan partai politik yang mempunyai lambang partai yang khas yang hanya dimiliki oleh PDI-P serta nomer urut partai yang sesuai dengan nomer urut pada pemilu 2009.
Iklan ini berisi tentang bagaimana ketua umum PDI-P dan anggotanya untuk mengkampanyekan partainya yang bertujuan untuk mengkomunikasikan kepada masyarakat yang berisikan bahwa partai PDI-P sanggup membuat perjanjian jika ia menang dalam pemilu 2009 dan apabila melanggar para anggotanya yang duduk di bangku DPR akan mendapat hukuman sesuai dengan isi perjanjian iklan tersebut. Sehingga pesan yang dikomunikasikan melalui iklan ini bisa tertanam dibenak masyarakat untuk memilih partai ini pada pemilu.
Dalam iklan ini, terdapat gambar seorang warga perempuan berkacamata dan berbaju merah, penyertaan gambar ini adalah Eri Kusrini, karyawan yang merupakan caption dari gambar t ersebut. Selain itu, Eri Kusrini mendukung testimonials yang diungkap warga tersebut untuk mendukung PDI-P.
Teori-teori komunikasi yang dapat dijadikan acuan dalam iklan PDI-P ini untuk melihat kelebihan media maupun kelemahan-kelemahannya dan mempersuasi masyarakat dalam hubungan aktivitas politik adalah menggunakan teori Agenda Setting  (Agenda Setting Theory). Teori ini mengatakan bahwa media memberi pengaruh besar terhadap khalayak dalam mengkampanyekan politik melalui penayangan berita, isu, citra maupun penampilan kandidat itu sendiri. Karena dalam kontek politik, partai PDI-P dan para anggotanya dalam iklan ini akan berusaha memengaruhi agenda media untuk mengarahkan pendapat umum dalam pembentukan image pada partai PDI-P.  
Secara umum, iklan partai politik memiliki struktur kepala judul, subkepala judul, badan iklan (dapat berupa testimonials, caption, dan flash), dan signature. Signature dalam iklan partai politik PDI-P ini, signature hanya berisi nomer partai dan lambang partai tanpa disertai slogan.
Maka dari itu dapat disimpulkan, fungsi gambar dan hubungan gambar dengan bahasa iklan dari ketiga partai terlihat bahwa (1) gambar tokoh partai, (2) nomer urut partai, (3) lambang partai, selalu ada dalam setiap iklan partai politik. Dan iklan-iklan partai politik ini juga selalu disertai warna latar yang merupakan identitas setiap partai. Seperti pada iklan PDI-P yang di dominasikan warna merah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar