Cutlip,
Center, dan Groom dalam bukunya yang berjudul Effective Public Relations mendefinisikan
Public Relations sebagai sebuah fungsi manajemen yang
membangun dan mempertahankan hubungan yang baik bermanfaat antara organisasi
dengan publik yang memengaruhi kesuksesan atau kegagalan organisasi tersebut.
1. Memperkirakan,
menganalisis, dan menginterpretasikan opini dan sikap publik, dan isu-isu yang
mungkin mempengaruhi operasi dan rencana organisasi, baik itu pengaruh buruk
maupun baik.
2. Memberikan saran
kepada manajemen disemua level di dalam organisasi sehubung dengan pembuatan
keputusan, jalannya tidakan dan komunikasi, dan pertimbangan stratifikasi
publik dan tanggung jawab sosial atau kewarganegaraan organisasi.
3. Meriset, melaksanakan,
dan mengevaluasi secara rutin program-program aksi dan komunikasi untuk
mendapatkan pemahaman publik yang dibutuhkan untuk kesuksesan tujuan organisasi.
Hal ini mencakup program Marketing ,
financial, pengumpulan dana, karyawan, komunitas, hubungan pemerintah, dan
program-program lain.
4. Merencanakan dan
menginplementasikan usaha organisasi untuk memengaruhi atau mengubah kebijakan
publik.
5. Mengelola sumber daya
yang dibutuhkan untuk melakukan semua hal tersebut.
Refrensi:
2.
Kasali, Rhenald. 2003. Manajemen Public Relations. Jakarta: Grafiti
3.
Ruslan. 2003. Manajemen Public relations
dan Media Komunikasi. Jakarta: Grafindo
4.
Cutlip, Center, Broom. 2005. Effective
Public Relations : Merancang dan Melaksanakan Kegiatan Kehumasan dengan Sukses.
Edisi kedelapan
bahasa Indonesia. Jakarta: PT. INDEKS Kelompok Gramedia.
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar